Red Bobblehead Bunny Mental illness - HILDAWANTI
WELCOME TO HILDAWANTI BLOG -- Stay Enjoy --

Mental illness

 Gangguan Kejiwaan



Haloo semua... Balik lagi bersama gue. Thanks ya yg emg jadi pembaca setia blog gue ini:3, Jadi hari ini gak tau knp gue pengen banget bahas mengenai mental illness atau gangguan mental.  Pertama gue mau kasih tau dulu nih apa sih mental illness itu? Mental illness atau yang disebut juga gangguan kesehatan mental adalah istilah yang mengacu pada berbagai kondisi yang memengaruhi pemikiran, perasaan, suasana hati, atau perilaku seseorang. Kondisi ini bisa terjadi hanya sesekali atau berlangsung dalam waktu yang lama. Nah dari pengertian diatas bisa gue simpulkan mental illness ini bisa memengaruhi seseorang baik secara mood maupun pikiran. Sebenarnya mental illness ini bisa dibilang penyakit, namun ada beberapa yg memang sudah menjadi hal yg lumrah kita alami. Beda hal dengan pendapat gue, klo dimata kedokteran itu sudah termasuk kedalam kategori gangguan mental. Nah gangguan mental sendiri itu banyak jenisnya, mulai dari yg berjangka pendek atau ada yg lebih kronis lagi ber angsur angsur dan jika tidak segera ditangani itu akan menjadi bahaya untuk diri sendiri maupun orang lain.
Setahu gue jenis jenis gangguan mental itu ada gangguan kecemasan, depresi, gangguan stres pasca trauma, skizofrenia, bipolar, dll. Mungkin sebagian orang ada yg beranggapan sama kyk gue nih, gue tuh suka mikir kok gue seperti ini ya apa emg gue mengalami gangguan kejiwaan? Seperti mood sering berubah berubah, emosi suka naik turun, tiba tiba nangis sendiri, suka insecure, suka melupakan sesuatu, dll. Klo ada yg sama seperti apa yg gue sebutin diatas itu, kalian jangan mikir yg negatif, siapa tahu kalian emg lagi kecewa atau lagi sedih jadi mood suka berubah. Jangan apa apa selalu diasumsikan kedalam penyakit. Itu kenapa kita harus always positive thinking and don't over thinking. Wajar aja semisal klo kalian tiba tiba nangis, mungkin karena kalian remember something or you was have a broken heart. Dan ngomongin pikun, gue juga sering bangettt kok, tenang aja itu hal yg wajar:) asal gak lupa diri sendiri aja bahaya ya. Kira kira Apa aja sih yg menyebabkan kamu mengalami mental illness ini?
1. Kamu punya trauma dimasa lalu, yg sampai saat ini masih tersimpan didalam hati dan pikiran kamu.
2. Kamu merasa bersalah akan sesuatu.
3. Kamu terlalu membenci seseorang.
4. Kamu pernah disakiti seseorang sehingga kamu tidak bisa menerima siapapun dihidupmu.
5. Kamu merasa tak ada seorang pun yg menginginkanmu.
6. Merasa sendirian meskipun disekelilingmu ada orang yg selalu siap dan menyayangimu tanpa kamu sadari.
7. Terlalu jauh memikirkan masa depan sehingga kamu tidak bisa melihat keadaanmu saat ini.
8. Menyakiti orang lain tanpa ada rasa bersalah.
9. Merasa dirimu tidak bahagia dan tidak akan bisa bahagia.
10. Kamu terjebak dilingkungan yang memang sudah tidak kondusif namun kamu tidak bisa keluar dari sana.

Yap, ituu beberapa tanda yg menurut gue bisa menyebabkan mental illness. Saran gue klo kalian memiliki sebuah masalah atau memeang sedang mengalami masalah, setidaknya kalian jangan terlalu banyak memikirkannya. Tanamkan didalam hati dan pikiranmu bahwa setiap Masalah yg terjadi dihidupmu maupun masalah yg sedang kamu hadapi sekarang ini akan segera berakhir. Tenang kamu gak sendirian kok, gue juga sering dan bahkan selalu mengalami masalah bertubi tubi namun karena gue orangnya cuek dan tidak peduli, jadi dengan gampang masalah itu hilang dengan sendirinya. Klo ditanya tips nya apa biar gak mengalami mental illness, gue juga agak bingung ya... Gue ibarat pasien itu emg udh menjadi pasien tetap wkwkwk... Gue emg cuek tapi terlalu over thinking. Seandainya gue bilang gue gak perduli tapi tetep gue pikirin wkwk, aneh kan. Ya biasanya kalo gue lagi ngalamin gejala gejala itu gue sih langsung ambil headset and let's play music... Soalnya itu bisa menyalurkan apa yg kamu rasain, kamu bisa tutup matamu terus tanya hatimu apa yg lagi kamu rasain. Kamu juga bisa meditasi, menenangkan diri. Kadang yg sulit itu berdamai dengan diri kita sendiri. Kadang kita sulit tahu apa yg kita rasakan apa yg kita inginkan apa yg kita pikirkan. Itu kenapa the first kamu harus lover yourself. Dengan kamu mencintai dirimu sendiri, kamu seakan membawa aura positif untuk dirimu dan orang disekitarmu. Jangan terlalu memikirkan sesuatu yg seharusnya gak kamu pikirin. Lakukan apapun yg kamu inginkan (dalam batas normal). Dan coba cari satu teman atau pilih teman untuk tempat kamu bercerita. Kadang itu juga bisa mengurangi rasa kegelisahan yg sedang kamu rasakan. Kesehatan mental itu bagi gue penting bangettt. Jiwamu harus selalu stabil, karena jika tidak apapun yg sedang kamu lakukan akan berantakan, dan tidak terkendali. Jadi mulai sekarang cobalah bertanya pada dirimu, hatimu dan pikiranmu. Coba pahami dirimu dulu, berdamai, dan cintai. Baru kamu bisa mencintai melihat dan menilai dari sudut pandang yg berbeda. Lupakan apa yg sudah terjadi, maafkan, ikhlaskan, perbanyak berbuat kebaikan, selalu bersyukur, tanamkan pikiran yg positif dan jangan over thinking. Kita kuat, kita bisa, mental kita adalah diri kita, jika mental kita terganggu maka diri kita sedang tidak baik baik saja. Selalu bahagia, tersenyum dan tertawa. 

0 Response to "Mental illness "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel